28 November, 2019

JAKARTA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, yang merupakan anak perusahaan PTPN III (Persero) terus mendedikasikan diri untuk menjadi perusahaan yang mengutamakan pelayanan kepada shareholder dan stakeholder. Hal itu ditunjukan dengan berhasilnya PTPN X dalam meraih beberapa penghargaan bergengsi yang diterima langsung oleh Direktur Utama, Dwi Satriyo Annurogo pada ajang TOP Digital Award 2019 yang diselenggarakan di The Sultan Hotel Jakarta, Jakarta (27/11).

Acara yang diselenggarakan oleh Madani Solusi Internasional (MSI) sebagai penerbit Majalah It Works ini diikuti oleh perusahaan (BUMN, BUMD, swasta) dan instansi pemerintahan (pusat, provinsi, kota, dan kabupaten) di seluruh Indonesia yang dinilai mampu mengimplementasikan dan memanfaatkan TI. PTPN X berhasil menyabet tiga penghargaan yakni Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo dinobatkan sebagai Top Leader on Digital Implementation 2019 serta berhasilnya PTPN X dalam menyabet Top Digital Implementation on Agriculture Sector 2019 Level Star 4 dan Top Digital on Agriculture – e-Farming & Investani.

“PTPN X selalu memperbaiki kinerjanya setiap tahun. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan usaha dari seluruh karyawan PTPN X dan juga dukungan dari seluruh stakeholder. Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan kepercayaan yang diberikan kepada PTPN X,” kata Dwi dalam sambutannya.

Berhasilnya PTPN X dalam menyabet Top Digital on Agriculture – e-Farming dan Investani, merupakan salah satu bukti bahwa PTPN X selalu berusaha memberikan kemudahan pelayanan kepada stakeholder khususnya petani. Melalui beberapa program unggulan antara lain e-Farming dan Investani. e-Farming adalah aplikasi pendaftaran lahan dan monitoring kemajuan pekerjaan kebun melalui website dan mobile application (android) yang didukung dengan teknologi GIS dan satelit. Kedepannya e-Farming akan terus dikembangkan sehingga memuat semua informasi dan data yang dibutuhkan oleh petani, PTPN dan shareholder lainnya.

Selain itu, PTPN X juga memiliki program terbaru yakni Investani. Investani merupakan program investasi dalam bentuk lahan perkebunan wilayah kerja PTPN X. Para investornya adalah karyawan internal dan anggota koperasi karyawan PTPN X, serta Holding Perkebunan Nusantara. Program Investani dan e-Farming ini menjadi langkah awal PTPN X untuk memasuki era industry 4.0.

Tak hanya penerapan e-Farming dan Investani, PTPN X juga telah menggunakan core sampler yang terintegrasi dengan sistem SAP, sehingga membuat proses analisa rendemen lebih cepat, akurat, dan transparan. PTPN X juga menjalankan aplikasi Narada untuk tracking Tebang Muat Angkut (TMA) tebu di wilayah kerja PTPN X.

“PTPN X senantiasa fokus pada pada perkembangan teknologi informasi sebagai bentuk peningkatan SDM dan komitmen kami untuk mewujudkan SDM yang unggul dan Indonesia yang lebih maju,” tambah Dwi.

PTPN X juga menunjukkan kepeduliannya terhadap petani, yaitu dengan memberikan Kartu Tani Sehat kepada 6.000 orang petani binaan dan keluarganya. Kartu Tani Sehat ini memberikan prioritas layanan kesehatan bagi petani dan keluarganya untuk berobat di 4 rumah sakit dan 22 klinik di bawah naungan PT NMU, anak perusahaan PTPN X.