7 November, 2019

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, yang merupakan anak perusahaan PTPN III (Persero), kembali meraih dua penghargaan yang diterima langsung oleh Direktur Utama, Dwi Satriyo Annurogo dalam ajang Indonesia BusinessNews Award 2019 di Jakarta (6/11). PTPN X berhasil menyabet penghargaan yaitu The Best Corporate Performance in Agro Industry 2019 dan The Best CEO in Agro Industry 2019.

“PTPN X selalu memperbaiki kinerjanya setiap tahun. Penghargaan yang telah diraih ini merupakan sumbangsih dari seluruh karyawan PTPN X. Penghargaan ini tentunya juga didapatkan atas dukungan seluruh stakeholder,” terang Dwi.

Dwi juga menjelaskan, berbagai inovasi telah dilakukan oleh PTPN X guna terus meningkatkan kinerjanya. Untuk meningkatkan bahan baku tebu, PTPN X me-release Varietas Unggul Baru, yaitu NX-01, NX-02, dan NX-03 dengan potensi produktivitas lebih dari 106 Ton/Ha dan rendemen di atas 9,2%.

Selain itu inovasi yang dilakukan adalah e-Farming. E-Farming merupakan aplikasi berbasis Precision Agriculture berbasis GIS (Pemetaan lahan sesuai geospatial), yang memfasilitasi pendaftaran lahan tebu secara online dan memberikan kemudahan dalam monitoring lahan dan verifikasi data. Program ini telah digunakan sebagai aplikasi best practices pada Holding Perkebunan Nusantara di komoditas gula, khususnya PTPN II, PTPN VII, PTPN IX, PTPN XI, PTPN XIV sejak tahun 2018.

Selain itu, dalam setiap proses bisnisnya, PTPN X selalu berupaya menjalin hubungan dengan stakeholder-nya, terutama petani tebu, dimana 95% Bahan Baku Tebu (BBT) PTPN X adalah milik petani. Hal tersebut terwujud dengan melalui beberapa program, yaitu pelatihan petani tebu milenial, pemberian bantuan pupuk dan bibit, hingga pemberian Kartu Tani Sehat kepada 6000 orang petani binaan.

“PTPN X akan terus bekerja dengan menjunjung nilai Sinergi, Integritas, dan Profesional sehingga target-target perusahaan dapat tercapai. Tentunya, diimbangi dengan kegiatan tanggung jawab sosial kepada masyarakat,” tambah Dwi.