9 December, 2019

JAKARTA, Perkebunannews.com – Indonesia dinilai telah menjadi contoh bagi negara-negara lain di dunia dalam memanfaatkan biodiesel sebagai bahan bakar berbasis energi baru terbarukan (EBT). Sejumlah negara mulai mengembangkan biodiesel.

Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud di Jakarta, Senin (9/12). Disebutkan, Malaysia dan Thailand berencana mulai mengembangkan biodiesel 20 persen (B20). Saat ini Malaysia baru menerapkan B10.

Musdhalifah mengatakan, saat negara lain baru mulai mengembangkan B20, Indonesia dalam waktu dekat akan menerapkan B30. Uji coba pun berjalan sukses dan kini sedang berlangsung uji coba distribusi.

Sebenarnya, pemerintah sudah generate pemanfaatan biodiesel di seluruh dunia. “Ada beberapa negara produsen sawit yang mulai mencontoh apa yang bisa dilakukan Indonesia dan beberapa negara meminta advice,” ujar Musdhalifah.

Menurut Musdhalifah, keberhasilan Indonesia dalam mengembangkan dan memanfaatkan biodiesel karena adanya kerja sama di lintas sektor kementerian. Kerjasama itu tidak hanya Kementerian ESDM maupun Kementerian Pertanian. Kerjasama juga dilakukan dengan sektor otomotif, produsen bahan bakar minyak (BBM), hingga badan usaha bahan bakar nabati (BBN). (YR)