20 October, 2019

BEKASI, Perkebunannews.com – Tahun 2019 Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) membekali 16 wisudawan sertifikat kompetensi. Karena disadari dalam era Industri 4.0 ini tingkat kompetisi akan semakin tajam.

Direktur Poltek CWE Ir. St Nugroho Kristono, MT, mengatakan, dalam era Industri 4.0 ini tingkat kompetisi akan semakin tajam, seakan tiada ruang dan waktu tanpa kompetisi. Oleh karena itu, kesadaran untuk terus belajar, memperluas wawasan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan diri, harus melekat dalam diri kita.

“Salah satu upaya kami untuk melengkapi kemampuan dan mutu lulusan, maka pada wisuda hari ini, untuk pertama kali, akan diserahkan secara simbolik sertifikat kompetensi setingkat Asisten Budi Daya bagi 16 wisudawan prodi D3 Budidaya yang lulus uji kompetensi,” ujar Nugroho dalam sidang terbuka Wisuda Lulusan Angkatan ke-11 Program Diploma III Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Tahun Akademik 2018/2019, di Bekasi, Sabtu (19/10).

Penyelenggaraan sertifikasi kompetensi ini, lanjut Nugroho, CWE bekerja sama dengan salah satu lembaga sertifikasi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tahun ini CWE sendiri meluluskan 92 mahasiswa program studi diploma tiga (D3). Poltek CWE juga membekali 16 wisudawan dengan sertifikat kompetensi.

Dari lulusan itu masing-masing 21 orang lulusan Program Studi D3 Budidaya Perkebunan, 30 orang lulusan Program Studi D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, dan 41 orang lulusan Program Studi Manajemen Logistik. Lulusan berpredikat cum laude atau pujian berjumlah 14 orang yang terdiri dari 2 orang Prodi Budidaya, 2 orang Prodi Teknologi Pengolahan, dan 10 orang Prodi Manajemen Logistik.

Pada tahun akademik 2019/2020 ini, jumlah mahasiswa baru sebanyak 206, yang terdiri dari 73 mahasiswa prodi D3-Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit, 36 mahasiswa prodi D3-Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, 47 mahasiswa prodi D3-Manajemen Logistik, dan 50 mahasiswa prodi D4-Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

Dalam bidang perkelapasawitan, kata Nugroho, saat ini yang sudah siap pelaksanaan uji kompetensinya baru bidang budidaya perkebunan kelapa sawit, dan sedang disusun skema-skema uji kompetensi untuk bidang teknologi pengolahan kelapa sawit.

Selain pengembangan program SDM, saat ini gedung asrama Sarana Citra Widya dengan 10 lantai berkapasitas 300 orang sudah siap dihuni. Dengan demikian, para orang tua dan mahasiswa mendapatkan pilihan tempat tinggal yang lebih baik dengan terjaminnya kesediaan air, listrik, dan keamanan 24 jam dengan dipasangnya cctv di setiap lantai. (YR)