6 November, 2019

JAKARTA, Perkebunannews.com – Petani sereh wangi tetap semangat meski harga minyak sereh masih belum normal. Bahkan Kelompok Tani Agribisnis Atsiri Kota Solok kini sudah melakukan kegiatan percepatan persiapan lapangan tanam sereh wangi dan jagung seluas 1,5 hektar, karena musim hujan sudah mulai tiba.

Ketua Kelompok Tani Agribisnis Atsiri Solok Djunaidi mengatakan, petani sereh wangi tetap masih semangat menanam sereh. Karena serah wangi sudah menjadi komoditi andalan petani pekebun di Solok. “Walau pun harganya masih turun. Tapi kami yakin harga sereh wangi akan normal kembali,” tandasnya.

“Demikian aktifnya pendamping, petugas Dinas Pertanian Kota Solok Sumbar juga ikut membina, mendukung dan memfasilitasi petani atsiri kami,” tambah Edi panggilan akrabnya kepada Perkebunannews.com.

Edi menyebutkan, Dinas Pertanian Kota Solok memberi bantuan bantuan bibit/benih sereh wangi vareitas Citrona Agribun I berasal dari Balitro untuk petani. Benih akan ditanam seluas 5,5 ha dan dijadikan kebun benih sebar yang nantinya akan disertifikasi.

Bahkan, sambung Edi, petani juga mendapat pelatihan berupa uji kompetensi operator penyulingan dari pihak terkait. “Semoga petani yang mendapat pelatihan semakin mahir menyuling sereh wangi,” harapnya. (YR)