23 July, 2019

Sintang, Perkebunannews.com – Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, menargetkan tanam teh seluas 5000 hektar (Ha). Hal ini terungkap saat melihat langsung demplot teh di Desa Sempulut, Kabupaten Sintang, Senin (22/7).

“Saya terkejut teh tenyata bisa tumbuh baik di Sintang ini. Padahal biasanya teh hanya dapat tumbuh di dataran tinggi, ” ujar Bupati Sintang Jarot Winarno kepada Perkebunannews.com saat melihat langsung di lahan petani.

Untuk itu, lanjut Jarot, pihaknya akan membuat demplot komoditi teh seluas 1 Ha. Jika nanti ternyata teh berhasil tumbuh baik, maka akan dikembangkan lebih lanjut seluas 5000 Ha.

Demplot teh sebanyak 104 tanaman dilakukan Solidaridad didukung Keling Kumang Group (KKG) dan Business Wacht Indonesia (BWI) sejak 2018. Teh yang ditanam selama 13 bulan itu kini sudah tumbuh 1 meter.

Bahkan teh itu pun sudah bisa dipanen dengan rasa khas yang tidak kalah dari teh di daerah lainnya. Sekedar informasi, teh yang ditanam di Sintang berada di ketinggian 20 meter di atas permukaan laut (baca ulasan selengkapnya di Majalah Media Perkebunan edisi Agustus). (YR)