4 November, 2019

Kendari, perkebunannews.com – Pelaku usaha harus komitmen dengan petani yang berkeadilan dan berkelanjutan

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian (Kementan) saat membuka kegiatan Temu Bisnis dalam rangkaian Hari Pangan Sedunia (HPS) pada tanggal 2 – 5 November 2019, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Jadi pelaku usaha harus komit melakukan pembinaan kepada petani dan share margin harus adil,” kata Kasdi.

Ditempat yang sama, Direktur Pengolahan dan Pemasaran, Ditjen Perkebunan, Kemenan, Dedi Junaedi menambahkan bahwa mendorong kemitraan yang didasari oleh posisi tawar yang sejajar antara petani selaku sebagai produsen dengan pelaku usaha sebagai konsumen.

“Sehingga agar dapat berkeadilan dalam artian petani sebagai produsen mendapat intensif harga yang menarik demikian juga bagi konsumen bahwa produk pertainan mendapat harga yang logis atau rasional atau tidak memberatkan agar daya saing produk yang dihasilkan dijual memberikan intensif harga yang menarik,” papar Dedi.

Melalui hal tersebut, Dedi berharap, bisa menghasilkan posisi yang saling menguntungkan (win-win solution). Sehingga secara alami kemitraan akan berkelanjutan yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

“Selain itu melalui kemitraan maka rantai pasok menjadi pendek dan efisien,” ucap Dedi. YIN