8 October, 2019

Pemasok CPO Musim Mas saat ini ada 25 pabrik kelapa sawit dan kebun yang berada dekat Kawasan Ekosistem Leuseur (KEL). Salah satunya yaitu PT Pati Sari bahkan terletak di batas KEL. Karena itu Musim Mas melakukan pendekatan inten soal komitmen kebijakan dan sudah dipatuhi. Total ada 9 pemasok yang sudah penuhi komitmen kebijakan, termasuk 5 pabrik yang diaudit oleh pihak ketiga atas perintah Musim Mas. Demikian laporan Lanskap Aceh Musim Mas.

Masalah yang teridentifikasi adalah kesejanhan praktek operasional pemasok terhadap standar keberlanjutan seperti identifikasi HCV dan HCS, penelususan pemasok ke pihak ketiga, manajemen K3 dan lain-lain.

Produktivitas petani kecil yang sangat jauh berbeda dengan perkebunan besar akibat kurangnya pengetahuan GAP. Ketidakpastian legalitas terutama perusahaan perkebunan yang beroperasi di sekitar KEL.

Hal yang dilakukan adalah bekerjasama dengan berbagai pihak membuat Koaliasi Areal Prioritas Transformasi yang melibatkan pemkab setempat dan mitra industri lain membuat perencanaan tata ruang dan tata guna lahan. Peran bupati sangat besar dalam kesuksesan progaram ini.

Musim mas mengadakan lokakarya umum dan khusus kepada pemasok untuk kesadaran, pemahaman dan penerimaan komitmen keberlanjutan. Sedang pada petani swadaya yang menjual TBSnya pada pemasok, Musim Mas mengadakan Program Penyuluhan (Ekstension Service Program, ESP) untuk meningkatkan produktivitas dan standar.

Dengan ESP petani diharapkan mampu menerapkan GAP, punya akses terhadap dana dan sarana produksi terbaik (benih dan pupuk) , bersertifikat ISPO/RSPO . Dengan cara ini kesenjangan produktivitas bisa diatasi.