20 June, 2019

Jakarta – Komitmen Minamas Plantation untuk menerapkan perkebunan yang sustainable melalui sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) tidaklah main-main, hal tersebut dibuktikan dengan akan diraihnya 100 persen bersertifikat ISPO.

Hal ini diungkapkan oleh Shamsuddin Muhammad, acting head plantation up stream Indonesia, MINAMAS Plantation saat silaturahmi dengan rekan-rekan media di Jakarta.

“Mengingat sertifikat ISPO adalah mandatory maka kita berusaha agar seluruh kebun yang ada di Indonesia akan bersertifikat ISPO. Ini dilakukan sebagai komitmen bahwa pola yang dilakukan Minamas telah menerapkan sustainability,” tambah Shamsuddin.

Lebih lanjut menurut catatan Minamas Palntation dari 23 mill atau pabrik yang dimiliki oleh Minamas Plantation sudah 22 mill yang tersertifikasi ISPO. Artinya selangkah lagi Minamas terserifikasi ISPO. Bukan hanya ISPO.

Lebih dari itu, Shamsuddin mengungkapkan komitmennya juga akan melakukan sertifikasi ISPO kepada petani plasmanya ataupun swadaya (mandiri) yang berada disekitar pabrik atau kebun inti. Memang saat ini sertifikasi ISPO untuk petani masih bersifat voluntary (sukarela), tapi pihaknya berusaha untuk membantu petani yang juga selaku pemasok pabrik.

“Saat ini kita sedang melakukan pembinaan kepada petani agar bisa ikut disertifikasi ISPO,” pungkas Shamsuddin. YIN