Suzuki
30 April, 2019

Jakarta – Indonesia memang dikenal dengan penghasil kopi terbaik, maka akan sangat disayangkan jika yang berkembang adalah brand impor. Atas dasar itulah Koffe Konco hadir untuk mengembangkan brand lokal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Danang Giriwardana, pemilik Koffee Konco kepada perkebunannews.com, di Jakarta.

Lebih dari itu, menurut Danang kopi Indonesia sudah sangat dikenal dunia akan citarasanya yang khas jika dibandingkan dengan kopi dari negara lainnya. Sekedar catatan, berdasarkan data Kementerian Pertanian bahwa Indonesia sebagai penghasil kopi nomor empat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Meski begitu, kopi asal Indonesia sudah membuktikan diri paling banyak dicari.

Terbukti, tidak sedikit kopi specialty asal Indonesia masuk ke beberapa negara pengonsumsi kopi terbesar, bahkan tidak sedikit oleh beberapa kafe dengan brand International menggunakan bahan baku utamanya kopi dari Indonesia.

“Jadi sebenarnya cita rasa kopi asal Indonesia sudah diakui dunia tinggal bagaimana mengembangkannya dengan brand lokal bukan dengan brand luar negeri,” himbau Danang yang juga Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Melihat fakta terebut, Danang berharap, kopi-kopi terbaik asal Indonesia bisa dikembangkan di dalam ataupun luar negeri dengan brand lokal. Sekedar Informasi, nama Konco itu sendiri berasal dari Jawa yang artinya teman.

Atas dasar itulah Koffee Konco menggunakan biji-biji kopi pilihan dari berbagai daerah, seperti kopi-kopi specialty arabica diantaranya kopi Gayo dari Aceh, kopi Toraja dari Sulawsei, kopi Lintong dari Sumatera Utara dan lainnya. Bahkan bukan hanya kopi arabica saja yang digunakan tapi juga kopi robusta terbaik di Indonesia.

“Ini karena kopi Indonesia tidak hanya aromanya yang kuat tapi juga lebih kental dan itu sudah dibuktikan oleh negara luar,” tutur Danang.

Melihat kondisi tersebut, menurut Danang, sudah waktunya ada perhatian khusus terhadap komoditas kopi di Indoensia, apalagi kopi telah menjadi sebuah produk-produk andalan. Sebab kopi asal Indonesia bukan hanya dikonsumsi karena citarasanya yang khas, tapi juga kopi telah menjadi identitas Indoesia dan dapat memperkuat pariwisata.

“Maka saya berharap kepada rekan-rekan pelaku kopi agar dapat mengangkat brand lokal sehingga bisa menjadi tuan rumah di dalam negeri dan bisa memperkuat kopi lokal Indonesia di luar negeri,” pungkas Danang. YIN