Suzuki
24 March, 2019

Ketua Umum Terpilh DPP APKASINDO Hasil Munas Ke- IV yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2019 di hotel Orchad Jakarta, H.Alpian menegaskan bahwa Munas Ke-IV DPP APKASINDO telah selesai dilaksanakan sesuai dengan undangan panitia Munas Nomor 008/DPP-APKS/I/2019 Tanggal 08 Februari 2019. Munas diikuti peserta sebanyak 22 DPW Provinsi se- Indonesia berdasarkan AD/ART organisasi APKASINDO.

Dalam Munas tersebut Ketua Umum terpilih H. Alpian memperoleh suara sebanyak 15 suara dan Gulat Manurung hanya memperoleh 8 suara. Total suara yang mempunyai hak untuk memilih adalah 22 suara dari DPW dan 1 suara dari DPP.
Dengan telah selesainya Munas ke- IV APKASINDO tersebut menghasilkan H. Alpian terpilih sebagai Ketua Umum DPP APKASINDO periode tahun 2019-2024.

Menanggapi hal-hal yang beredar di luar seperti adanya berita akan diselenggarakannya Munaslub, H. Alpian menegaskan bahwa munaslub tersebut tidak sesuai dengan AD/ART APKASINDO dan peraturan yang berlaku.

Hal yang sama diungkapkan oleh anggota Pimpinan Sidang Pemilihan Ketua Umum DPP APKASINDO pada Munas ke- IV di Jakarta, Misno Udin Tolinggi. Pimpinan sidang saat itu yang terdiri dari Ketua, sekretaris dan anggota menyatakan bahwa Ketua Umum terpilih H. Alpian sudah dinyatakan sah terpilih sesuai dengan proses yang demokratis dan sesuai dengan AD/ART APKASINDO.

Mengenai adanya kabar bahwa akan dilaksanakan munaslub di Medan, Misno menegaskan bahwa hal tersebut sangat melanggar AD/ART. Pengurus yang menyelenggarakan munaslub tersebut sudah dinyatakan demisioner sesuai dengan Surat Keputusan Demisioner Nomor : 005/kpts.Munas/APKSI/DPP/II/2019 Tanggal 28 Februari 2019.

Alpian menyatakan sebagai Ketua DPP baru dirinya sudah melaporkan hasil munas dan menyerahkan semua berkasnya secara lengkap ke pembina APKASINDO yaitu Ketua Badan Eksekutif GAPPERINDO (Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia) Agus Pakpahan dan Ketua Dewan Pengawas GAPPERINDO Gamal Nasir.

Hal yang sama juga dilakukan pada pemerintah, dalam hal ini Ditjen Perkebunan yang tugas pokok dan fungsinya membina petani perkebunan. Alpian sudah bertemu dengan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dedi Junaedi yang mewakili Dirjen Perkebunan.