JAKARTA, Perkebunannews.com – Syahrul Yasin Limpo kini resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pertanian dalam perkenalan di Istana Kepresidenan Rabu (23/10). Sehari sebelumnya, seusai bertemu Presiden Jokowi, Syahrul Yasin Limpo menuturkan dia mendapat amanat untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia di bidang pertanian.

Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Jokowi, Syahrul Yasin Limpo lahir pada 16 Maret 1955 di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mantan Gubernur Sulsel ini adalah putra dari pasangan Kol (Purn) H. Muhammad Yasin Limpo (Alm) dan ibu Nurhayati Yasin Limpo. Ayah Syahrul merupakan tokoh pergerakan Sulsel.

Sebelum menjadi Gubernur Sulsel, Syahrul memulai kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulsel pada 1980. Dia juga pernah menjadi Kepala Wilayah Bagian Pemerintah Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat I Sulsel 1987. Syarul juga pernah menjabar sebagai Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat II Kabupaten Gowa pada 1991. Syahrul juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Humas Setwilda Tingkat I 1993.

Selain itu, Syahrul pernah sebagai Bupati Kabupaten Gowa periode 1994 hingga 2002. Selanjutnya karirnya naik menjadi Wakil Gubernur Sulsel pada 2003 – 2008 mendampingi Amin Syam. Syahrul kemudian mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulsel pada pemilihan kepala daerah secara langsung. Dia pun berhasil memimpin Sulsel selama dua periode, dari 2008 – 2018.

Syahrul mengenyam pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Hasanuddin pada tahun 1993. Dia pun melanjutkan ke pasca Sarjana LAN pada 1999. Syarul juga mengambil pedidikan S2 di Universitas Hasanuddin pada 2004 dan melanjutkan S3 di universitas yang sama pada 2008. Syarul Yasin Limpo kini menjadi Menteri Pertanian ke-28 menggantikan Amran Sulaiman yang sama-sama berasal dari Sulsel. (YR)