8 November, 2019

JAKARTA, Perkebunannews.com – Kelapa Dalam Nui Sua merupakan salah satu komoditi kelapa yang disetujui dilepas pada Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan II pertengahan Oktober lalu. Kelapa dalam ini berasal Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, memiliki keunggulan produktivitas buah tinggi.

Kelapa Dalam Nui Sua memiliki potensi produksi kopra 3,8 – 4 ton per hektar (Ha) per tahun dengan kadar lemak 61.45 persen. Kelapa Dalam Nui Sua merupakan hasil kerja sama Balai Penelitian Tanaman Palma dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Kelapa Dalam Nui Sua adalah hasil seleksi yang dibudidayakan petani Di Desa Naflou, Kecamatan Mangoli Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. Kelapa Dalam Nui Sua memiliki keunggulan produktivitas buah tinggi dan adaptif pada kondisi iklim dengan curah hujan terbatas dan bulan kering 5-9 bulan berturut turut.

Bentuk buah kelapa Dalam Nui Sua bulat berukuran sedang. Sebagai sumber benih, telah diseleksi 317 Pohon Induk Terpilih dengan potensi produksi benih yang dapat memenuhi kebutuhan peremajaan maupun pengembangan kelapa di Kabupaten Kepulauan Sula dan sekitarnya seluas 152-202 Ha/tahun sesuai jarak tanam yang digunakan.

Kelapa Dalam Nui Sua sangat bermanfaat untuk penyebaran benih bersertifikat dan berlabel resmi sebagai benih unggul. Varietas unggul ini juga dapat dibangun kebun induk untuk menjamin ketersediaan benih unggul di Kabupaten Kepulauan Sula dan sekitarnya untuk jangka panjang, sehingga pembangunan dan pengembangan sektor perkebunan kelapa berkelanjutan dapat terlaksana. (YR)