Suzuki
2 July, 2019

Yogyakarta – Suksesi tampuk kepemimpinan tertinggi Institut Pertanian Stiper Yogyakarta telah berakhir dengan terpilih dan dilantiknya Rektor baru INSTIPER untuk periode 2019-2024 yaitu Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng.

Harsawardana terpilih sebagai Rektor baru INSTIPER setelah melalui serangkaian proses seleksi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Kader Perkebunan Yogyakarta (YPKPY).
Rektor terpilih dilantik oleh Ir. Sri Hartadi selaku Ketua Pengurus YPKPY pada 28 Juni 2019 disaksikan oleh sivitas akademika INSTIPER. Pelantikan tersebut dilakukan diruang Auditheater INSTIPER.

Di ruang tersebut juga dilakukan serah terima jabatan dari Dr. Ir. Purwadi. MS kepada Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng. Dalam acara serah terima jabatan tersebut Dr. Ir. Purwadi, MS.selaku rektor periode sebelumnya menyampaikan,

“Saya memohon pamit kepada Bapak dan Ibu Dosen maupun Karyawan INSTIPER yang telah membantu saya membangun INSTIPER sampai pada posisi INSTIPER saat ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada mitra kerja INSTIPER yang telah bekerjasama dengan INSTIPER. Pada hari ini telah selesai tugas dan amanah yang diberikan kepada saya untuk menjadi Rektor INSTIPER. Saya mengucapkan terima kasihatas kerjasama, dukungan, dan bantuannya yang telah diberikan kepada saya untuk mengemban amanah selama 10,5 tahun.Saya mohon maaf apabila ada salah khilaf yang terjadi,” kata Purwadi di sela-sela serah terima jabatan,” kata Purwadi .

Tidak hanya itu, Purwadi mengucapkan selamat kepada Rektor INSTIPER 2019-2023 Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng.Selamat bertugas, semoga INSTIPER semakin maju dan kemitraan strategis bersama stakeholder terus dapat ditingkatkan.”

Sementara itu, Harsawardana, Rektor INSTIPER terpilih menyampaikan hari ini merupakan hal yang sangat penting bagi INSTIPER, karena pada hari ini merupakan satu tahapan pergantian kepemimpinan di INSTIPER.

Hal ini merupakan hal yang wajar bahwa setiap masa jabatan pemimpin pasti ada masanya. Jika selama ini pergantian kepemimpinan di INSTIPER mendapatkan perhatian dari pihak eksternal terutama dari stakeholder mitra kerja INSTIPER yang menayakan jika rektor INSTIPER ganti nanti bagaimana, kedepannya INSTIPER akan seperti apa, dan pertanyaan-pertanyaan lain.

“Saya pribadi, siapapun Rektornya yang menggantikan Rektor terdahulu harus tetap berada dijalur yang sama dengan yang telah digariskan oleh rektor-rektor terdahulu dan meneruskan program yang sudah berjalan,” kata Harsawardana.

Tidak hanya itu, Harsawardana, menambahkan, begitu juga dengan saya, saya akan meneruskanhal-hal yang baik yang telah dilakukan oleh Purwadi.

Kedepan, Harsawardanaberjanji akan membangunan INSTIPER yang lebih mengedepankan pada pembangunan SDM di INSTIPER sesuai dengan arahan dariYPKPY.

“Pada akhirnya saya memohon kepada Bapak/Ibu sekalian yang merupakan sivitas akademika baik itu Dosen, Karyawan, Mahasiswa dan komponen lainnya untuk meneruskan karya–karya besar INSTIPER,” pungkas Harsawardana. YIN