25 July, 2019

Indonesia Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS-Forum) yang dilaksanakan kempat kalinya ini, dilaksanakan ketika harga CPO sedang merosot. Tema yang diusung adalah “Harmonisasi Regulasi Menuju Industri Kelapa Sawit yang semakin Sustain”.

“Dengan hadirnya semua pihak seperti gubernur, bupati, pembina dan pengurus GAPKI Pusat serta cabang membuktikan industri kelapa sawit tetap menjadi perhatian bersama. Kebersamaan ini diharapkan jadi momentum untuk mendongkrak pamor kelapa sawit yang semakin sustain,” kata Andi Suwigyo, Ketua Panitia IPOS Forum ke empat.

Tema ini diangkat meningat isu-isu hangat yang dibahas dan didiskusikan tentang Dinamika Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan , kemitraan dan perkebunan sawit rakyat, harmonisasi regulasi industri kelapa sawit, reforma agraria dan tata ruang wilayah provinsi.

Dalam IPOS Forum ini juga dilakukan penandatangan MoU antara GAPKI cabang Sumatera Utara dengan Universitas Sumatera Utara dalam rangka membangun etalase Sawit Indonesia dan arboretum (kebun raya) Sumatera Utara di Kampus USU Kwala Bekala, Deli Serdang. Pada masa depan berbagai kategori kelapa sawit unggul yang ada di Indonesia dapat dilihat di etalase sawit ini.

Selama ini perguruan tinggi yang di undang adalah USU dan STIPAP yang merupakan bagian komunitas sawit juga. Mulai tahun ini perguruan tinggi lain yang ada fakultas pertaniannya ikut diundang sehingga pesan tetang sawit akan sampai ke komunitas lain.