Suzuki
25 March, 2019

Memang luas perkebunan kelapa sawit milik petani tidaklah kecil, bahkan permasalahan yang menyelimutinya juga tidak sedikit. Atas dasar itulah ketua terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke IV Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) siap mengembalikan ke jalannya.

“Jadi saya yang sudah dipercaya (dipilih) dalam Munas KE IV APKASINDO siap mengembalikan roh petani. Ini penting sebab ada sekitar 19 juta petani yang tergabung dalam APKASINDO ini,” kata H. Alfian ketua terpilih dalam Munas ke IV.

Seperti diketahui berdasarkan catatan Munas Ke-IV DPP APKASINDO dengan undangan panitia Munas Nomor 008/DPP-APKS/I/2019 yang diikuti DPW Provinsi se-Indonesia telah memilih H.Alpian sebagai Ketua APKASINDO. Pemilihan Ketua Umum dilakukan secara voting dengan dua orang calon yaitu Gulat ME Manurung, MP dengan perolehan suara 8 DPW, dan H Alfian A, SE medapatkan suara 15 DPW.

Surat Ketetapan Nomor: 005/Kpts. APKASI/DPP/II/2019

Surat Ketetapan Nomor: 005/Kpts. APKASI/DPP/II/2019

“Sehingga dengan banyaknya DPW yang mempercayai saya untuk memimpin asosiasi petani kelapa sawit ini, maka saya berkomitmen untuk membenahinya. Sebab ini adalah amanah dari DPW yang didalamnya adalah petani-petani kelapa sawit,” tegas Alfian.

Memang, Alfian mengakui, tidak sedikit pihak yang ingin menggoyang APKASINDO ini dengan berbagai cara baik dari dalam ataupun dari luar, tapi semua itu bisa dimusyawarahkan. “Kita mengakui tidak sedikit yang ingin menenggelamkan petani kelapa sawit. Sehingga kita berkomitmen untuk saling koordinasi dan membantu antar petani, dengan begitu kita akan kuat,” papar Alfian.

Kedepan, Alfian berkomitmen, “selain mengembalikan roh APKASINDO ke jalan yang benar juga akan mengangkat derajat petani kelapa sawit. Untuk itu kita menggelar Pra Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Disitu para petani yang tersebar dari Aceh hingga Papua melalui DPW-nya akan mengungkapkan masalah-masalahnya dan akan kita pecahkan masalahnya bersama-sama.”