Suzuki
30 November, 2018

Untuk meningkatkan harga TBS petani, pemerintah sebaiknya mempercepat hilirisasi dan penyerapan biodiesel di dalam negeri. Dengan semakin banyak terserap di dalam negeri maka tidak terlalu terpengaruh dengan gejolak harga di luar negeri. Sutoyo, Ketua Dewan Pimpinan Daerah ASPEKPIR Riau.

‘Harga TBS dalam penetapannya tidak ditentukan oleh harga ekspor tetapi harga CPO di dalam negeri. Jadi penyerapan sebanyak-banyaknya di dalam negeri merupakan jalan yang harus ditempuh untuk mengatasi masalah ini,” katanya.

Bagi petani, masalah naik turunnya harga sudah biasa. “Kita pernah mengalami krisis yang parah tahun 2008 dan terbukti mampu bertahan. Harga minyak kelapa sawit ditentukan oleh pasar internasional. Tidak perlu menyalahkan pemerintah, tidak perlu panik juga sehingga mengambil keputusan yang salah. Menjadi petani perkebunan harus selalu siap dengan fluktuasi harga yang naik turun,” katanya.

Sutoyo terpilih menjadi Ketua DPD ASPEKPIR Riau karena perluasan organisasi yang semula ASPEKPIR Riau menjadi ASPEKPIR Indonesia. Setiyono yang semula ketua ASPEKPIR Riau terpilih menjadi ketua Dewan Pimpinan Pusat ASPEKPIR Indonesia.

ASPEKPIR Riau dibawah pimpinan Sutoyo akan membantu pemerintah supaya PSR di Riau tercapai sesuai target. Pengurus akan mensosialisasikan terus pentingnya PSR itu. Pengurus juga akan membantu KUD – KUD bila ada masalah terkait persyaratan.