Suzuki
22 December, 2017

Labuhan Batu – Kemitraan perusahaan dengan masyarakat di lingkungan kebun kelapa sawit bukan sekedar isapan jempol. Hal ini dibuktikan oleh Asian Agri selaku perusahaan kelapa sawit yang diperkuat dengan peluncuran Program Sekolah Sawit Lestari (SSL) di Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatra Utara hari ini. Bekerja sama dengan SMKN 1 Silangkitang, program SSL ini merupakan yang pertama di Provinsi Sumatra Utara.
Wakil Bupati Labuhan Batu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap yang hadir meresmikan Sekolah Sawit Lestari dalam sambutannya mengatakan, “Sumatra Utara, khususnya Kabupaten Labuhan Batu Selatan memiliki potensi besar untuk perkebunan kelapa sawit dengan luas lahan kebun yang dimiliki. Peran dari Sekolah Sawit Lestari kami harapkan dapat memberikan ilmu dan pengetahuan lebih kepada masyarakat khususnya para generasi muda untuk mampu mengelola komoditas ini dengan baik.”

Sekolah Sawit Lestari merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Asian Agri di bidang pendidikan, bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan formal di jenjang SD, SMP, SMA dan pemerintah daerah di sekitar perusahaan dalam memberikan pengetahuan dan meningkatkan keahlian siswa lewat muatan lokal kepada para siswa dan orang tua murid seputar pengelolaan kelapa sawit yang berkelanjutan. Sebelumnya, Asian Agri telah meresmikan 3 SSL yang berada di Jambi dan 1 SSL di Riau yang diresmikan kemarin.

Lewat Sekolah Sawit Lestari, siswa diberikan pembelajaran dalam bentuk teori dan praktik mengenai pengelolaan kelapa sawit, dimulai dari masa persiapan, penanaman bibit, perawatan hingga cara terbaik dalam memanen kelapa sawit untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh serta mengatasi berbagai penyakit tanaman yang merugikan.

“Program Sekolah Sawit Lestari di Sumatera Utara merupakan bagian dari komitmen Asian Agri dalam mendukung pengelolaan kelapa sawit nasional berkelanjutan. Kami memulai dengan mengedukasi masyarakat khususnya para generasi muda untuk mulai mengenal dan memahami bagaimana cara mengelola kelapa sawit yang baik dan berwawasan lingkungan,” ujar Welly Pardede, Head of Sustainability Operation & CSR Asian Agri.

Selain Sekolah Sawit Lestari, Asian Agri juga bermitra dengan para petani swadaya kelapa sawit di Sumatra Utara. Program kemitraan meliputi pembinaan dan pendampingan para petani sawit dalam mengelola perkebunan mereka dengan praktik-praktik berkelanjutan. Para petani dilatih, didampingi, dan diberikan fasilitas untuk memaksimalkan produktifitas perkebunannya dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. YIN