25 June, 2019

Harga TBS petani beberapa hari terakhir menunjukkan trend penurunan. “Pemerintah harus memberi perhatian positif soal ini. Baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota yang banyak petani sawitnya harus segera bergerak menolong petani supaya hal ini jangan terus berlanjut, “ kata H. Alpian , Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, (APKASINDO).

Salah satu contoh penurunan harga petani terjadi di Kabupaten Bangka. Saat ini harga TBS petani mandiri dihargai Rp750/kg oleh pedagang. Sedang harga TBS di PKS adalah berkisar Rp950-1080/kg. Saat ini sawit di Kabupaten Bangka sedang mengalami panen raya dimana produksi sedang melimpah ruah.

Kondisi ini tentu sangat memberatkan petani. Dengan harga hanya Rp750/kg, bila terus berlanjut maka petani dipastikan tidak akan mampu membeli pupuk. Akhirnya produksi tahun depan semakin rendah dan petani semakin terpuruk.

Padahal beberapa bulan sebelumnya, petani sempat menikmati harga Rp1000-1.100/kg yang dibeli pedagang pengumpul. Sedang harga di PKS Rp1.250-1.350/kg.