Suzuki
8 July, 2019

Jakarta – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Bukalapak saling bersepakat untuk membawa UKM daerah menuju pemasaran online ke pasar global melalui Bukalapak.

Hal ini disampaikan Ketua Umum APKASI, Abdullah Azwar Anas kepada Ahmad Zaky, CEO Bukalapak.

Lebih lanjut, menurut Anas yang juga Bupati Banyuwangi ini mengatakan akan berbagi pengalaman bagaimana membangun bisnisnya dari nol. Atas dasar itulah APKASI akan menggandeng Bukalapak untuk bersama-sama membantu UKM-UKM di daerah anggotanya yang mencakup 416 pemerinath kabupaten.

“Saya melihat Bukalapak ini sudah teruji sistemnya, sementara Apkasi memiliki potensi komoditas yang tersebar di seluruh nusantara,” ujar Anas.

Mendengar hal tersebut, Ahmad Zaky, CEO Bukalapak menyanggupinya. “Saya sudah berkeliling ke arena pameran yang digelar oleh Apkasi, dan saya melihat begitu banyak potensi komoditas yang bagus-bagus. Sangat sayang kalau ini tidak di-online-kan agar masyarakat banyak mengetahuinya,” imbuh Ahmad.

Lebih dari itu, Zaky sedikit membocorkan strategi pemasaran yang tengah dibidik oleh Bukalapak, yakni go-global.

“Kami melihat bahwa potensi pemasaran ke negara-negara lain, dalam janga pendek negara-negara di Asean dulu, insya Allah bisa ditembus. Dengan fitur ini akan memberikan pengalaman dan tantangan kepada pelaku UKM untuk pertama kalinya bisa melakukan perdagangan expor ke luar negeri,” kata Zaky.

Atas kerjasama tersebut APKASI dan Bukalapak, akan langsung menindaklanjuti untuk mengadakan rapat koordinasi antar staf dalam waktu dekat. YIN