Suzuki

Jakarta, Perkebunannews.com – Sebanyak 44 Sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) akan diserahkan pada puncak Hari Perkebunan ke-61 yang diselenggarakan pada Senin (10/12) di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Direktur Jenderal Perkebunan Bambang akan menyerahkan sertifikat ISPO kepada 44 perusahaan kelapa sawit.

Turut hadir pada puncak Hari Perkebunan ke-61 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan para pejabat lainnya. Acara akan diawali penyerahan Benih Kopi oleh Ditjenbun & Pengumuman dan Penyerahan SK Pelepasan Varietas Baru. Acara juga diisi Talk Show “Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan”.

Ketua Panitia Hari Perkebunan 2018 Dedi Djunaidi mengatakan, Hari Perkebunan ke-61 mengangkat tema “Sinergi dan Akselarasi Kejayaan Perkebunan”. Penyelenggaraan acara dimulai pada Sabtu (10/12) yang dibuka Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruhzanul Ulum. Dilanjutkan berbagai acara demo teh, dan hiburan serta serangkaian talk show dari berbagi komoditas.

Talk show hari pertama diisi bertema “Farmer Prosperity(Kesejahteraan Petani) Yang Bermitra Dengan Perusahaan Dalam Bentuk Inti-Plasma Product”. Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia (GPPI), Dewan Kelapa Indonesia, Dewan Kakao Indonesia, dan Dewan Teh Indonesia, masing-masing juga menyelenggarakan acara talk show berbagai permasalahan yang dihadapi.

Sedangkan hari ke-2, Minggu (9/12), Hari Perkebunan juga diisi talk show sertifikasi kopi dan kakao. Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapperindo) bersama Media Perkebunan juga memeriahkan Hari Perkebunan ke-61 dengan menggelar Forum Diskusi Perkebuan bertema “Hasil Perkebunan Indonesia untuk Dunia”. Hadir para pembicara antara lain Direktur Jenderal Perkebunan Bambang, Ketua Badan Eksekutif Gapperindo Agus Pakpahan dengan moderator Gamal Nasir.

Selain itu, Dewan Atsiri Indonesia, Dewan Kopi Indonesia, Dewan Rempah Indonesia, dan Dewan Karet Indonesia juga menyelenggarakan diskusi tersendiri. Serangkaian demo berbagai produk hilir komoditas, seperti demo make up dari kelapa sawit, juga ikut memeriahkan. (YR)