JAKARTA, Perkebunannews.com – Tim Penilai Varietas Tanaman Perkebunan menyetujui 41 calon varietas perkebunan untuk dilepas sebagai benih bina. Sedangkan enam usulan calon varietas ditolak masing-masing tiga benih kelapas sawit, dua benih teh, dan satu usulan varietas abaka.

Usulan benih yang ditolak antara lain tiga benih sawit dari PT Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi karena tidak ada data produksi kelapa sawit tahun ke-4. Sedangkan usulan benih teh yang ditolak berasal dari PT Pagilaran. Benih abaka diusulkan Balai Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) juga ditolak.

Hasil putusan dibacakan dalam sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan dipimpin Saleh Mokhtar di Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/10). Sidang tahap II memeriksa 19 usulan dari sembilan varietas yakni kelapa sawit, kelapa, teh, cengkeh, tebu, tembakau, abaka, kayu manis, dan pala.

Sidang pelepasan tahap II ini memeriksa 47 calon varietas yang diusulkan antara lain kelapa sawit (3), kelapa (4), teh (9), cengkeh (1), tebu (2), tembakau (4), abaka (2), kayu manis (2), dan pala (2). Sidang berlangsung secara maraton selama dua hari. (YR)