July 26, 2018

Kotabaru – PT Golden Hope Nusatara (GHN) salah satu anak perusahaan Minamas Group pada akhir tahun ini akan memproduksi minyak goreng dengan merek dagang “Alif” yang merupakan minyak goreng pertama yang diproduksi di Kalimantan Selatan.

Pada tahap awal, PT GHN akan memproduksi minyak goreng sekitar 300 metrik ton per bulan dari kapasitas produksi pabrik 1.100 sampai dengan 1.200 metrik ton per bulan.

Head PT GHN Mohd Hamdi Abdul Karim di Kotabaru mengungkapkan, sejaktahun 2008, PT GHNmembangunkilang Crude Palm Oil (CPO) dengan total produksisaatinimencapai 2.500 metrik ton per hari, PT GHN juga terus mencoba untuk dapat menghasilkan produk turunan dari sector perkebunan kelapa sawit antara lain minyak goreng.

PT GHN yang membangun kawasan kilang CPO di atas areal seluas 34 hektare di Pulau Laut Kalimantan Selatan ini memanfaatkan pasokan Tandan Buah Segar (TBS) untuk diolah menjadi CPO dari kebun Minamas untuk memenuhi 60 persen kebutuhan kilang PT GHN. Selain itu, PT GHN juga melakukan pembelian Tandan Buah Segar (TBS) dari pihak ketiga di sekitarnya sebanyak 40 persen dari total kebutuhan produksi.

“Kemasan minyak goring Alif yang akan diproduksi meliputi kemasan 1 liter dan 2 liter dengan harga yang sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Cakupan pemasaran minyak goring Alif akan difokuskan untuk Provinsi Kalimantan Selatan, baru kemudian akan bergeser ke provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur,” kata Hamdi.

Produksi minyak goreng merek Alif yang akan diluncurkan akhir tahun 2018 ini merupakan persembahan PT GHN atau Minamas Group dalam rangka mewujudkan komitmennya dalam melakukan hilirisasi produk dari perkebunan kelapa sawit. Melalui produksi minyak goreng ini, PT GHN akan terus membangun kemitraan dengan para pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah, masyarakat maupun pengusaha.

Selain itu, dengan hadirnya kegiatan usaha hilirisasi produk dari perkebunan kelapa sawit ini diharapkan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian daerah yang pada akhirnya membawa kesejahteraan bagi rakyat sekitar. YIN