Peremajaan Sawit Rakyat Mestinya Sejak Dulu

Rokan Hilir – Peremajaan sawit rakyat mestinya dilakukan sejak dulu. Sehingga jika dibandingkan perusahaan swasta dengan sawit yang dimiliki rakyat hasil produksinya dua kali lipat. Untuk itu tahun ini pemerintah menargetkan peremajaan 185 ribu hektar (Ha) di seluruh Indonesia.

“Mestinya memang (sawit) ini sudah harus kita remajakan sejak dulu. Kita ini terlambat meremajakan, sehingga kalau kita bandingkan dengan perusahaan swasta dan yang dimiliki rakyat hasil produksinya berbeda jauh, dua kali lipat,” ujar Presiden Joko Widodo dalam peresmian program sawit rakyat (PSR) 2018 di Desa Pelita, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, Riau, Rabu (9/10).

Presiden mengatakan, umur kelapa sawit rakyat sudah berumur 30 tahun. Untuk itulah pemerintah melakukan peremajaan yang ditargetkan pada 2018 seluas 185 Ha dimulai dari pemilihan bibit yang baik.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menuturkan, peremajaan sawit di Provinsi Riau sendiri akan dikerjakan seluas 25 ribu Ha melalui dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP) setiap hektar Rp 25 juta. Dana tersebut digunakan untuk menumbangkan pohon, penanaman, penyiapan bibit kelapa sawit, dan pembersihannya.

Riau menjadi Provinsi Ke-3 dari program PSR seluas 25.423 Ha di tahun 2018. Luasan tersebut tersebar di delapan 8 kabupaten meliputi Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Pelalawan, Kuantan Sengingi, Indragiri Hulu dan Bengkalis.

Program PSR di Riau sudah sangat mendesak karena total luas lahan kelapa sawit rakyat mencapai 1,58 juta Ha. Pada umumnya sawit rakyat sudah berusia rata-rata di atas 25 tahun dari Program Perkebunan Inti Rakyat-Transmigrasi (PIR-Trans) pada 1980-an, sehingga produktivitasnya sangat rendah.

Hadir dalam peresmian PSR 2018, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Jalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Plt Gubernur Riau, Plt Bupati Rokan Hilir dan sejumlah pejabat pemerintah. Sebelumnya diserahkan sertifikat lahan petani. (YR)

Pin It on Pinterest