Yara Solusi Peningkatan Produktivitas

Produktivitas tanaman yang terus meningkat sudah menjadi dambaan bagi petani pekebun, karena kaitannya erat dengan kesejahteraan hidup. Namun untuk mencapainya, tanaman harus diberi pupuk yang berkualitas dan pemupukan yang tepat.
Yara merupakan salah satu produsen pupuk yang dikenal petani di seluruh dunia. Pupuk yang berasal dari Norwegia ini sudah terbukti mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen. Di Indonesia pupuk Yara sudah banyak beredar di toko-toko pertanian, sehingga tidak heran sudah banyak petani yang memakai pupuk Yara.

Sales & Marketing Manager, PT Yara Indonesia, Bea Siti Nabilla R, mengatakan, pupuk Yara sudah banyak digunakan petani pekebun di Indonesia, khususnya smallholders. “Petani smallholders banyak mengenal pupuk Yara dari toko-toko pertanian di setiap daerah. Kami ingin pupuk Yara mudah dijangkau, sehingga petani mana pun bisa merasakan manfaatnya bagi peningkatan produktivitas perkebunan,” ujarnya ketika ditemui Media Perkebunan.

Menurut Bea, untuk saat ini penjualan langsung di pasar bebas cukup bagus terutama sambutan petani swadaya. Hal ini memang menjadi salah satu upaya Yara yang ingin dekat dengan pemakai, khususnya petani.
Membangun hubungan yang langsung di value chain dan end-user merupakan moto yang penting bagi Yara. “Karena dari situ kami bisa tahu apa yang benar-benar dibutuhkan petani. Kita ingin dekat dengan petani sebagai partner,” ungkap Bea.

Secara global, Yara merupakan satu-satunya perusahaan pupuk dunia yang benar-benar mengimplementasikan strategi pendekatan langsung di lapangan (farmer-centric strategy). Yara tidak sekedar mengimpor pupuk dari negara asalnya saja. Namun juga dari hulu ke hilir, mulai dari produksi, impor, distribusi, dan melakukan pendekatan langsung dengan petani melalui kegiatan-kegiatan di lapangan.

Kunci pendekatan Yara ke petani adalah melalui edukasi. Dengan moto Knowledge Grows, Yara percaya ilmu dan pengetahuan itu haruslah dibagi. Karena hanya dengan begitulah ilmu dan pengetahuan dapat berkembang. “Kekuatan Yara di Knowledge. Secara organisasi Yara sering sharing ilmu dan pengalaman antar agronomist di seluruh dunia, sehingga pengetahuan tentang solusi tanaman terus bertambah,” imbuh Bea.

Kini Yara Indonesia tengah menyiapkan skema khusus bagi perkebunan besar swasta. Diharapkan nilai tambah bagi perusahaan akan dapat dirasakan. Sehingga ke depan, Yara siap memasok pupuk yang dibutuhkan perkebunan besar. “Kami bukan sekedar menawarkan produk. Tapi kami mempersiapkan solusi bagi perkebunan besar,” ujar Bea.

Yara Indonesia cukup optimis solusi yang ditawarkan ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding pupuk yang banyak beredar di pasaran saat ini. Dengan spesifikasi yang dimiliki pupuk Yara dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Karena Yara merupakan satu-satunya pupuk tanaman yang bahan bakunya didatangkan dari Norwegia.

Yara menyediakan pupuk dengan berbagai tingkat kebutuhan petani pekebun, mulai dari pupuk untuk awal tanam, pertengahan, atau menjelang masa panen. Yara tidak sekedar menjual pupuk. “Kami menawarkan solusi nutrisi tanaman. Jadi program pemupukan kami sesuai dengan yang dibutuhkan,” kata Bea.

(Visited 81 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest