Poltek CWE Buka Pelatihan Anak Petani Sawit Angkatan II

Politeknik kelapa sawit Citra Widya Edukasi (CWE) membuka program pelatihan untuk anak-anak petani kelapa sawit di seluruh Indonesia. Sebanyak 100 anak petani mengikuti program pelatihan setara Diploma Satu (D1) ini merupakan kerjasama Poltek CWE dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dibiayai Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

Direktur Poltek CWE Stephanus Nugroho Kristono mengatakan, kegiatan ini merupakan program bea siswa pendidikan dan pelatihan kelapa sawit setara D1 yang terlaksana atas kerjasama Politeknik CWE dan Apkasindo didukung BPDP. “Perserta terdiri atas 100 orang, yakni 22 peserta putri dan 78 peserta putra dari anak-anak petani kelapa sawit dari 17 provinsi di Indonesia,” ujarnya di Cibitung, Jawa Barat, Rabu (8/11).

Lebih lanjut Nugroho mengatakan, program bea siswa pelatihan dan pendidikan dilaksanakan selama 12 bulan yang dibagi menjadi dua semester. Selama delapan bulan pembelajaran dilaksanakan di Poltek CWE dan empat bulan pelaksanaan praktik kerja lapangan di perusahaan dan koperasi perkebunan kelala sawit.

Selama pelatihan, peserta akan diberi materi pelatihan terdiri atas 22 mata kuliah. Pada akhir pendidikan peserta akan mengikuti uji kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SSKNI) mandor kebun kelapa sawit.

Pembukaan pelatihan dan pendidikan anak-anak petani kelapa sawit angkatan II itu dihadiri Kepala Divisi Program Pelayanan Direktorat Penyaluran Dana BPDP Prayudha Moeljo, Sekretaris Jenderal Apkasindo Asmar Arjad beserta jajaran pengurus DPP Apkasindo, dan Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR Trans Setiyono. (YR)

(Visited 38 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest