Mendaulatkan Sawit Indonesia Melalui IPOS-Forum

Sebagai komoditi strategis, kelapa sawit tampaknya belum berdaulat di negeri sendiri. Buktinya, masih banyak pro kontra terhadap komoditi yang menghidupi banyak petani. Tak heran jika di luar negeri, sawit selalu dihantam dengan isu-isu negatif.

Melalui Indonesian Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS-Forum) ke-2 yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara (Sumut), pada 28 – 29 September 2017 mendatang, segala permasalahan kelapa sawit bakal didiskusikan. “Diharapkan melalui IPOS-Forum ini sawit menjadi berdaulat di negeri sendiri,” ujar Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Cabang Sumut Setia Dharma Sebayang kepada Media Perkebunan.

IPOS-Forum sendiri, lanjut Sebayang, merupakan program rutin tahunan di Sumut yang pada 2017 ini sudah tahun kedua. Dalam IPOS-Forum seluruh pemangku kepentingan kelapa sawit hadir untuk berdiskusi atas segala permasalahan yang dihadapi.

“Kita ingin seluruh pemangku kepentingan bisa berdiskusi dan apa yang akan dilakukan nanti. Sehingga supaya kita lebih tahu. Jadi jangan dari luar saja yang menghantam sawit kita. Tapi kita juga harus merapatkan barisan sehingga sawit kita diakui dunia. Karena manfaat sawit untuk bangsa luar biasa,” jelas Sebayang.

IPOS-Forum 2 akan membicarakan terkait masalah peremajaan perkebunan rakyat, kemitraan petani, dan financial Sustainability. Hal lain yang menjadi topik yakni tentang strickly Liability dalam bisnis kelapa sawit, kebijakan tentang gambut dalam bisnis kelapa sawit. IPOS-Forum 2 dihadiri Gapki, Apkasindo, Pusat Penelitian Kepala Sawit, Forum pencinta sawit Sumut, pemerintah, dan sebagainya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Asmar Arsjad mengatakan, peremajaan kelapa sawit milik rakyat masih banyak hambatan, mulai dari sertifikat, harus berpotensi ISPO, dan kawasan, STDB (Surat Tanda Daftar Budidaya). “Makanya kami dari petani mempertanyakan apa benar ada peremajaan kebun petani seluas 20 ribu hektar pada tahun 2017 ini,” tukasnya. (YR)

(Visited 111 times, 5 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X

Pin It on Pinterest

X