WPLACE 2017: Ajang Pertemuan Perkebunan Indonesia

Memang hasil perkebunan di Indonesia rata-rata masuk lima besar di dunia, tapi jika semuanya digabungkan maka akan menjadi yang terbesar di dunia. atas dasar itulah PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) menyelenggarakan World Plantation Conferences and Exhibition (WPLACE) 2017.

Contohnya, karet dan lada yang saat ini sebagai peringkat nomor dua, kakao dan kopi peringkat nomor tiga, teh peringkat ke tujuh, pala dan kelapa sawit, sebagai pertama, dan lainnya. Melihat data tersebut memang semuanya rata-rata sebagai produsen 5 besar didunia, tapi semuanya berjalan sendiri-sendiri.

“Sehingga jika semuanya digabungkan atau berjalan bersama-sama tidak ada satu negara yang bisa mengalahkan perkebunan Indonesia, kemungkinan hanya Brazil yang bisa menyainginya,” kata Direktur Utama PT RPN, di Jakarta.

Lebih lanjut, menurut Teguh, dalam acara WPLACE tersebut akan dibahas bagaimana dampak climate change (perubahan cuaca) dan solusinya terhadap komoditas perkebunan. Lalu bagaimana pasar perkebunan kedepan, strategi mengingkatkan produktivitas dengan biaya yang relatif rendah sehingga bisa menekan biaya produksi.

Tidak hanya itu, dalam WPLACE juga akan ada lelang teh, kompetisi barista, sekaligus memperingati ‘Hari Kakao Indonesia’. Artinya dalam acara tersebut tidak hanya besifat riset dan teknologi tapi juga ada edukasi dan hiburan seperti turnamen golf.

“Melihat pentingnya acara maka dalam acara tersebut kami akan mengundang 108 pembicara dari 28 negara. Sampai saat ini sudah ada 890 perserta dari dalam negeri, 298 dari luar negeri dan dan 12 pembicara kunci,” papar Teguh.

Artinya, Teguh berharap, melalui WPLACE maka bisa mengembalikan kejayaan perkebunan Indonesia. “Jangan sampai peneliti Indonesia hanya berbicara pada event-event di luar negeri. Tapi berbicaralah pada event dalam negeri guna mengangkat perkebunan Indonesia,” kata Teguh. Sekedar catatan, WPLACE 2017 nantinya akan dilaksanakan di Bali, pada 18-20 Oktober 2017. YIN

(Visited 38 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X

Pin It on Pinterest

X