HANYA 25% PESTISIDA TERDAFTAR YANG BEREDAR

Dari 4000 pestisida yang terdaftar di Direktorat Pupuk dan Pestisida, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian, hanya 1000 atau 25% saja yang beredar di pasar. “Sisanya tidak tahu kemana , apakah tidak diproduksi atau kalah bersaing. Padahal kalau sudah terdaftar bisa masuk e katalog untuk tender,” kata Direktur PupuK dan Pestisida, Muhrizal Sarwani, pada workshop pengendalian mutu pestisida yang diselenggarakan Crop Care.

Kepada perusahaan pestisida Muhrizal minta untuk mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, diantaranya supaya pestisida yang didaftarkan sesuai antara label dengan isinya. Secara berkala pemerintah akan melakukan pengujian dengan mengirim petugas pengambil contoh pestisida yang bersertifikat ke kios-kios penjualan. Sampel ini disegel dan dibawa ke laboratorium penguji untuk diuji apakah label dengan isinya sesuai.

Muhrizal juga minta agar pengusaha bergabung dengan asosiasi seperti Crop Care. Pemerintah akan lebih mudah berkomunikasi dengan asosiasi. Asosiasi juga rutin melakukan pelatihan sehingga kapasitasnya meningkat. “Contohnya pendaftaran on line perusahaan yang sudah menjadi anggota asosiasi lancar sedang yang bermasalah rata-rata perusahaan yang belum menjadi anggota asosiasi,” katanya.

Joko Suwondo, Ketua Umum Crop Care menyatakan asosiasi ini beranggotakan perusahaan pupuk dan pestisida. Salah satu programnya adalah melakukan pelatihan seperti yang dikerjakan sekarang adalah workshop pengendalian mutu pestisida. Selain itu juga sudah diadakan pelatihan pendaftaran pestisida secara on line, nanti juga akan diadakan pelatihan pengendalian mutu pupuk.

“Saya berusaha supaya anggota mendapat manfaat lebih dengan menjadi anggota asosiasi. Asosiasi juga menjadi saluran komunikasi antara perusahaan dengan pemerintah. Setiap aturan baru soal pupuk dan pestisida akan dikomunikasikan pada anggota,” katanya.

(Visited 56 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest