PTPN III Fokuskan Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Perusahaan induk atau holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara lll (PTPN) tahun ini terus fokus dalam meningkatkan produktvitas dan efisiensi. Hal ini supaya tercapai harga produksi yang efisien dan konsisten. Jika terjadi penurunan harga komoditi tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

Menurut Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN lll Dasuki Amsir, holding Perkebunan perlu menerapkan efisiensi di berbagai lini dengan memperhatikan struktur biaya produksi. “Salah satunya pengadaan pupuk yang bisa menekan harga lebih efisien dan kompetitif serta mengendalikan penggunaan pupuk secara cermat sesuai kebutuhan,” ujarnya dalam acara Buka Puasa Bersama di Jakarta, Senin (5/6).

Dasuki menuturkan, hingga April 2017 perseroan memperoleh laba bersih sebesar Rp 488 miliar atau tumbuh 181 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016. Pada tahun lalu perusahaan mengalami kerugian senilai Rp 604 miliar.

Menurut Dasuki, pertumbuhan laba bersih tersebut ditopang peningkatan penjualan karena dampak meningkatnya produktivitas tanaman dan upaya efisiensi untuk menekan harga pokok serta didorong oleh kenaikan harga komoditas.

Selain itu, di tengah kenaikan harga komoditas, Perseroan hingga April 2017 juga mampu mencatatkan kenaikan penjualan sebesar Rp 11,2 triliun. Artinya, kenaikan penjualan mencapai 35 persen diibandingkan periode yang sama pada 2016.

Menurut Dasuki, kenaikan sales ditopang peningkatan produktivitas crude palm oil (CPO) kebun sendiri sebesar 19 persen dan karet kering sebesar 5 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu

“Jadi pencapaian laba bersih konsolidasi sebesar Rp 488 miliar, bukan saja berkah dari kenaikan harga komoditas. Namun juga dari hasil evaluasi kami perbaikan kinerja yang terjadi dikarenakan adanya perubahan budaya kerja dan efisiensi dalam operasional baik di on farm atau pun off farm,” ujar Dasuki. (YR)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X

Pin It on Pinterest

X