Tanaman Perkebunan Lebih Menguntungkan

Banda Aceh – Sebaiknya Gubernur, Walikota, dan Bupati untuk mulai mencari tanaman-tanaman unggulan di daerahnya yang memiliki harga jual yang baik. Janganlah terpaku pada tanaman-tanaman tertentu saja

Hal tersebut diutarakan oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam pembukaan Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS) ke-15 Tahun 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Gampong Lhong Raya, Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sabtu 6 Mei 2017

Contohnya, Jokowi mengutarakan, kopi dan kakao adalah salah dsatu contoh komoditas (perkebunan) yang memiliki harga jual yang baik. Kakao misalnya, permintaan di dalam negeri cukup tinggi tapi suplainya masih kurang. Begitu juga dengan kopi yang harganya terus merangkak naik.

“Pengalamannya saya sewaktu tinggal di Aceh dimana hampir setiap pagi menikmati kopi gayo, karena kopi gayo enak sekali,” ucap Jokowi.

Bahkan, Jokowi mengakui di daerah lain pun banyak terdapat kopi yang sangat spesial dan memiliki haga yang sangat bagus. “Kenapa ini tidak kita tanam, kenapa ini tidak kita remajakan,” Tanya Jokowi kepada para peserta PENAS 2017.

Tidak hanya itu, komoditas lainnya yang juga memiliki nilai tinggi diantaranya mete. “Mete itu harganya juga baik. Kenapa tidak kita tanam,” tambah Jokowi.

Disisi lain, Jokowi mengatakan, dirinya memang sering mendengar nasehat, kalau tidak ada petani yang bekerja keras maka tidak aka nada bahan makanan yang akan dimakan. Begitu juga jika tidak ada nelayan yang bekerja keras maka tidak akan bisa mengonsumsi ikan.

“Melihat hal ini maka sudah seharusnya kita semua harus sayang pada petani dan sayang pada nelayan,” pungkas Jokowi. YIN

(Visited 118 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest