Poltek CWE Latih 100 Anak Petani Sawit

Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) mengadakan pelatihan teknis kepada 100 anak petani kelapa sawit seluruh Indonesia. Pelatihan selama 9 bulan tersebut merupakan program bea siswa yang sepenuhnya dibiayai Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP).

Pelatihan teknis kebun kelapa sawit setara diploma satu itu merupakan kerjasama Poltek CWE dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo). Peserta diambil dari 10 daerah penghasil kelapa sawit, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Direktur Poltek CWE St Nugroho Kristono mengatakan, program pelatihan untuk anak petani kelapa sawit ini merupakan program yang pertama kali dilakukan. Untuk angkatan pertama, Poltek CWE mendapat kuota 100 peserta, dan Intiper Yogyakarta 200 peserta. “Karena masih ptama kali belum ada bentuk baku dalam proses rekrutmen,” ujarnya.

Nugroho menuturkan, materi pelatihan yang diberikan kepada peserta mulai dari pembibitan, pemanenan hingga koperasi. Karena setelah pelatihan peserta dikembalikan ke daerah masing-masing untuk dipraktekan.

Sementara itu Ketua Umum Apkasindo Anizar Simanjuntak mengapresiasi atas pelatihan yang diberikan kepada anak-anak petani kelapa sawit. “Karena dari mereka diharapkan produksi kelapa sawit petani menjadi meningkat mengingat mereka dibekali pengetahuan yang memadai untuk budidaya kelapa sawit secara benar,” ujarnya.

Acara pembukaan pelatihan teknis kelapa sawit di kampus Poltek CWE Cibitung dihadiri jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat dan wilayah Apkasindo seluruh Indonesia. Acara dihadiri pula para pengurus, dosen Poltek CWE. (YR)

Pin It on Pinterest