PTPN XI Mendapat Komitmen KKP Rp750 Miliar

KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk tanaman tebu yang selama ini dijanjikan sampai saat ini realisasinya masih sulit, karena itu, harus mencari alternatif pengganti pendanaan tebu.

Dolly Pulungan, Direktur Utama PTPN XI, membenarkan bahwa harus ada alternatif pendanaan untuk petani tebu pada tahun 2016-2017. Sebab saat ini bank yang sudah memberikan komitmen untuk memberikan kredit adalah ICBC sebesar Rp300 miliar.

“Kredit ini direncanakan akan cair bulan Juni 2016. ICBC memberikan kredit kepada PTPN XI sebagai korporasi tanpa agunan, selanjutnya melalui PG akan langsung disalurkan pada petani,” jelas Dolly.

Sementara itu, Direktur Keuangan PTPN XI Anang Abdul Qoyyum menambahkan, bahwa tingkat suku bunga kredit dari ICBC 11% efektif pertahun. Dalam penyaluran ini PTPN XI berfungsi sebagai avails.

Selain dengan ICBC, saat ini juga PTPN XI masih perundingan tahap akhir penyaluran kredit ketahanan pangan (KKP) dari Bank Jatim sebesar Rp250 miliar. Diperkirakan kredit bank Jatim ini akan cair bulan Juni 2016.

“Khusus Bank Jatim karena penyalurannya harus melalui koperasi maka diajukan dua opsi. Opsi pertama Bank Jatim menempatkan dananya di koperasi induk yang dikelola PTPN XI, kemudian disalurkan pada petani lewat PG. Opsi ke dua adalah dana ditempatkan pada koperasi karyawan PTPN XI yang langsung disalurkan pada petani tanpa lewat PG. Suku bunga Bank Jatim sekitar 10,5% yaitu 10% dari bank dan 0,5% merupakan manajemen fee bagi koperasi.,” terang Anang.

Selain itu PTPN XI juga sudah mendapat komitmen dari BRI untuk KKP sebesar Rp100 miliar. Dari PT Pertamina juga dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp100 miliar untuk KKP. Dengan demikian total dana yang disiapkan PTPN XI untuk petani tebu Rp750 miliar. S

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X

Pin It on Pinterest

X