Pala Menghilangkan Mual

Mual dan gejala mabuk memang mengganggu di saat perjalanan jauh. Biji pala dapat mengatasinya ketika tidak ditemukan obat-obatan.

Rasa mual atau gejala mabuk dalam perjalanan jauh tidak jarang menghantui banyak orang. Jika tak tahan, perut tak kuasa menahan muntah. Sehingga orang yang mengalami gangguan dalam perjalan jauh merasa malu. Karena rasa mual seringkali dihubungkan dengan daya tahan tubuh seseorang.

Seringkali gejala mual diiringi dengan gejala masuk angin seperti demam pada tubuh. Kondisi inilah yang membuat kita ketika dalam pernjalanan dinas, misalnya, menjadi tidak nyaman. Jika kebetulan kita berada di tengah kota kecil tentu tidak masalah. Karena kita dapat mencari obat penangkal sementara, salah satunya pala.

Hasil penelitian mengungkapkan, biji pala mempunyai sifat antiemetic yang berkhasiat mengatasi mual atau muntah. Beberapa kandungan gizi pada buah pala sebesar 42 kkal, protein 0,3 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 10,9 gr, kalsium 32 mg, zat besi 2 mg, vitamin A 29 IU, vitamin B1, dan vitamin C 22 mg.

Buah yang memiliki nama latin Myristica Fragrans Houtt itu, memiliki sifat antiemetik yaitu senyawa kimia yang bermanfaat antara lain mengatasi rasa mual mau muntah. Senyawa kimia buah pala tersebut terdapat di kulit, daging, biji pala hingga bunganya. Kandungan minyak atsiri dan zat samak terdapat pada kulit dan daging buah pala. Sedangkan fuli atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati. Sedangkan dari bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.

Senyawa- senyawa kimia tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat membantu mengobati masuk angin, insomnia (gangguan susah tidur), bersifat stomakik untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan. Selain itu juga pala juga berkhasiat untuk untuk memperlancar buang angin, antiemetik untuk mengatasi rasa mual mau muntah, nyeri haid dan rematik.

Berikut cara memanfaatkan pala untuk mengatasi mual yakni seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.

Pala juga meringankan gejala maag, masuk angin dan cegukan. Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh. YR

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X

Pin It on Pinterest

X