Kopi Menurunkan Kadar Asam Urat

Minum kopi secara teratur dapat menurunkan kadar asam urat. Anda pun tak perlu takut meninum lebih dari secangkir sehari.

Minum kopi ternyata tidak hanya menyegarkan. Karena kandungan yang terdapat dalam kopi berkhasiat mengurangi kadar asam urat. Sehingga penyakit yang menghantui banyak orang ini mudah diatasi. Penyakit yang ditandai sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan ini memang sangat mengganggu.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa polyphenol yang terkandung di dalam kopi diantaranya chlorogenic acid mampu menghambat aktivitas enzim xanthin oxidase sehingga menurunkan kadar asam urat.

Hasil studi di Jepang menyebutkan bahwa meminum 3 – 5 cangkir kopi per hari mempunyai kadar asam urat rendah. Penelitian Yanagimoto menunjukkan kandungan antioksidan kopi mampu menghambat kerusakan oksidatif. Studi yang dilakukan Daglia M membuktikan aktivitas antiradikal spesifik dari kopi mampu menurunkan kadar asam urat.

Menurut penelitian, kandungan senyawa polyphenol kopi robusta lebih tinggi dibandingkan kopi arabika atau tanaman lain. Kafein yang terkandung dalam biji kopi sekitar 0,7-1,5 persen. Kafein dalam 100-200 miligram (mg) setara dengan 2 cangkir kopi akan menurunkan rasa letih melalui mobilisasi asam lemak, memperbaiki kekuatan otot, meningkatkan vitalitas dan kesiagaan mental, serta fungsi koordinasi seseorang akibat inhibisi dari resptor adenosin pada cortex cerebri.

Untuk mendapat hasil maksimal yang menurunkan kadar asam urat adalah dengan minum kopi 3 – 5 cangkir kopi sehari. Dalam satu cangkir kopi per hari 200 ml air dengan 10 g bubuk kopi robusta yang mengandung 100 mg kafein dan 200 mg chlorogenic acid.

Pada manusia, di dalam 1 cangkir kopi 200 ml air mengandung 10 g bubuk kopi (konsentrasi 1 kali), dan dosis konversi banyaknya volume larutan untuk tikus yang setara dengan 200 ml air – 0,018 x 200 ml adalah 3,6ml. Untuk 2 cangkir kopi setara dengan 7,2 ml. Sedangkan dalam 4 cangkir kopi setara dengan 14,4 ml; dan untuk 6 cangkir kopi setara dengan 21,6 ml. (YR)

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest